Cari Solusi Terbaik, Asisten II, DPUPR Dan DLH Sidak TPA Sebakul

117

DPUPR Kota Bengkulu – Dalam rangka penanganan permasalahan sampah di Kota Bengkulu Asisten II Saipul Afandi bersama Sekretaris DPUPR Rozi Ismariandi dan Kadis DLH Medi Pebriansyah melakukan peninjauan langsung ke area TPA Air Sebakul serta dilanjutkan dengan memantau progres pembangunan Kantor Merah Putih, Rabu (7/07/2021).

Dalam kesempatan tersebut Asisten II bersama Kadis DLH dan Sekretaris DPUPR meninjau kondisi penumpukan sampah yang telah menggunung di TPA dan mengecek serta berbincang dengan penanggung jawab TPA dan para sopir pengangkut sampah membahas masalah pembuangan sampah.

Didampingi pengawas TPA melakukan pengecek area sekitar TPA, TPA Sebakul seluas 7 hektar sudah mendekati over load sampah, ditambah jalan yang kurang kondusif ketika turun hujan serta terjadi penumpukan dalam satu titik area, “TPA Sebakul sudah sangat penuh /Over load, jadi perlu penataan sampah hingga keujung TPA, namun alasan jalan tanah dan licin banyak mobil sampah buang sampah hanya di satu sisi, jadi kami minta perbaikan sementara akses jalan dan penambahan alat berat.” papar pengawasa TPA.

Adapun permasalahan darurat sampah yang kini di hadapi Kota Bengkulu salah satunya karena berada dalam masa transisi pemindahan dari TPA sebakul ke TPA Semidang Lagan, untuk itu Asisten II Saipul Afandi meminta semua pihak agar bersama-sama bergotong royong dalam melewati kondisi ini serta menegaskan bahwa Pemerintah kota Bengkulu saat ini sedang berupaya keras agar permasalahan sampah dapat segera teratasi.

“Masalah Sampah memang telah menjadi masalah seluruh daerah, untuk sementara Pemkot Bengkulu akan terus berkoordinasi antar OPD untuk mencari solusi bersama, seperti masalah jalan di TPA kita berkordinasi dengan dinas PUPR bagaimana agar jalan di TPA bisa dilalui kendaraan yang hendak membuang sampah hingga keujung TPA.” Jelas Asisten II Saipul Afandi.

Lebih lanjut mengenai perbaikan sementara jalan ke TPA Sekretaris Dinas PUPR Kota Bengkulu Rozi Ismariandi mewakili Kadis PUPR Noprisman mengatakan untuk solusi sementara jalan TPA akan kita usahakan lakukan perbaikan sesuai kondisi yang ada.

“Untuk perbaikan jalan didalam TPA akan kita usahakan semaksimal mungkin, dan untuk masalah dana akan fleksibel sesuai kebutuhan jalan tersebut.” Ujar Sekretaris DPUPR Kota Bengkulu Rozi Ismariandi

Setelah dari TPA Air Sebakul Rombongan DPUPR, DLH dan Asisten II meninjau progres pembersihan dan persiapan lahan yang bakal dijadikan kantor pemerintah Kota Bengkulu.

lanjut untuk pembahasan lebih matang Dinas PUPR Kota Bengkulu dan Dinas Lingkungan Hidup bersama Asisten II berencana akan melakukan rapat koordinasi guna pembahasan lebih lanjut.

Pewarta Rahmads