PUPR Melakukan Pembersihan Drainase Secara Menyeluruh

102

DPUPR Kota Bengkulu – Antisipasi banjir saat musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu saat ini sedang melakukan pembersihan drainase di beberapa titik drainase di seluruh Kota Bengkulu. Selain itu, melakukan pengecekan sejumlah drainase rusak maupun tersumbat lainnya.

Sedimen atau lumpur berserta sampah yang tinggi ternyata banyak menutupi saluran drainase di wilayah pemukiman masyarakat di Kota Bengkulu.

“Dari penelusuran yang dilakukan Dinas PUPR Kota Bengkulu, ternyata sedimen atau lumpur yang tinggi banyak menutupi saluran drainase, sehingga sulit dilalui air,”ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, melalui Kabid SDA Feri yosep yorizal ST., MT. Jumat (16/7/2021).

Dari hasil penelusuran beberapa waktu lalu inilah yang di tindak lanjuti Dinas PUPR Kota Bengkulu, seperti drainase di jalan barito perumahan arka kapuas drainase sepanjang panjang 700 m telah dibersihkan, DPUPR terus berupaya melakukan pembersihan drainase /cuci siring guna mengangkat penyumbatan sedimentasi ataupun lumpur dari dalam drainase.

“Inilah salah satu penyebab mengapa drainase kerap dikatakan banyak tak layak ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan dan dimensi standarnya. Maka itulah langkah tercepat yakni melakukan pembersihan drainase secara menyeluruh ada beberapa drainase yang di lakukan pembersihan,”ujarnya .

Kabid SDA mengatakan hampir rata-rata drainase di kawasan Kota Bengkulu dipenuhi sedimen bercampur lumpur melekat pada drainase, menjadi penyebab air rawan tergenang terutama ketika intensitas curah hujan tinggi.

“Kami ingin masyarakat dapat mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah dalam hal pembersihan drainase ataupun tidak menutup saluran air yang mengakibatkan banjir terjadi,” tegas

Lebih lanjut ia berharap agar masyarakat dari berbagai tingkatan mulai RT/RW, kelurahan hingga kecamatan dapat melaksanakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungannya masing-masing.

“Pemerintahpun akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan infrastruktur drainase, sehingga fungsi dan peruntukannya dapat berjalan sesuai harapan,” demikian Kabid SDA Feri Yosep Yorizal mengakhiri.

Pewarta: Rahmads