Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Giatkan Cuci Siring

89

DPUPR Kota Bengkulu– Dinas PUPR Kota Bengkulu giatkan pembersihan drainase atau cuci siring di sejumlah saluran air dilingkungan Kelurahan Rawa makmur, Merpati 2 RT 13. Senin (29/06/2020).

Mengantisipasi saluran air tersumbat, kegiatan cuci Siring giat dilakukan agar memperlancar aliran air dan menghindari dari sedimentasi tanah dan rerumputan yang berpotensi menjadi penyebab banjir.

Plt kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST. M.Si mengatakan “Saat ini kami sudah mengerakkan pasukan URC, untuk membersihkan saluran drainase,” tegasnya. Pasalnya penumpukan sedimentasi membuat saluran air tersumbat dan menyebabkan air mudah tergenang. Sehingga di fase pergantian musim ini dimanfaatkan untuk membersihkan sejumlah saluran drainase. “Khususnya di tempat yang berpotensi banjir bisa mengurangi genangan air,” jelasnya.

Selain itu Dinas PUPR Kota Bengkulu juga telah melakukan sejumlah pemeliharaan untuk mengantisipasi banjir, saat terjadi hujan lebat nanti. Seperti yang dilakukan petugas URC dalam normalisasi saluran drainase.

Menormalisasi saluran air pihaknya juga akan melakukan perbaikan saluran yang sudah mengalami kerusakan.

Direncanakan, kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan mulai dari pembersihan, kemudian jika sudah pelaksanaanya nanti warga harus mendukung dengan cara tidak membuang sampah kembali ke aliran air yang ada dilingkungan masing masing.

Pewarta : Rahmads

Pengarah: Lander RJ