Dinas PUPR Kota Bengkulu Giat Normalisasi Drainase dan Tambal Sulam Jalan

66

DPUPR Kota Bengkulu -Saat terjadi penyumbatan atau ada laporan dari warga masyarakat terkait penyumbatan saluran air (drainase), Satuan Tugas URC Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bengkulu dengan sigap merespons serta melakukan normalisasi. Seperti hari ini Kamis (2/7/2020) penyumbatan drainase akibat sedimentasi tanah di Kelurahan Kandang kecamatan Kampung Melayu kota Bengkulu.

Tim Unit Reaksi Cepat DPUPR Kota Bengkulu melakukan pembersihan drainase yang tersumbat akibat sedimentasi tanah dan berbagai jenis sampah rumah tangga, seperti plastik, kertas dan kayu. Kesigapan personel Satgas DPUPR ini patut diapresiasi, karena mereka bergerak cepat tanpa mengenal waktu dan cuaca agar masyarakat merasa terlayani dengan baik. Hal itulah yang disampaikan Plt Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST., M.Si, Kamis (2/07/2020).

Sementara itu ketua URC Eddy Suryanto menambahkan normalisasi drainase atau siring yang sudah tertimbun tanah dan di tumbuhi rerumputan ditambah sampah yang menyumbat drainase mengendap terlalu lama.

“Namun para petugas kami bekerja Dengan baik dalam waktu singkat dapat membersihkan aneka sampah tersebut. Sebelum dibersihkan, menurut warga sekitar saat turun hujan, air meluber ke jalan raya sehingga menyebabkan genangan air. Ini cukup mengganggu pengguna jalan,” imbuh Eddy Suryanto.

Lebih lanjut ia menjelaskan hari ini ada tiga giat yang dilakukan oleh tim URC mulai dari normalisasi drainase, Tambal sulam jalan serta tebas bayang agar warga kota Bengkulu tetap aman dan bahagia.

Lebih jauh Plt kadis PUPR Noprisman mengimbau kepada seluruh warga Kota Bengkulu agar memiliki budaya hidup bersih dan sehat, yang salah satunya dengan tidak membuang sampah ke saluran air. Karena jika terjadi banjir atau menimbulkan bau menyegat, pada akhirnya warga juga yang merasa dirugikan.

“Mari kita jaga bersama kebersihan dan kesehatan lingkungan, karena jika hanya mengandalkan petugas kebersihan dari kami masih kurang optimal,” pungkas Noprisman.

Pewarta : Rahmads

Pengarah : Lander RJ