DPUPR Terjunkan URC Cari Solusi Agar Tidak Banjir di Kota Bengkulu

114

DPUPR Kota Bengkulu–  Mulai memasuki musim penghujan banyak titik wilayah di kota Bengkulu yang rentan banjir, berlandaskan hal itu Dinas PUPR kota Bengkulu lakukan Survei cepat (rapid assessment) dengan menerjunkan Unit Reaksi Cepat (URC) serta bidang SDA PUPR dalam mengungkap penyebab terjadinya banjir di beberapa titik di wilayah Kota Bengkulu.

Berawal dari laporan warga mengenai adanya potensi genangan air di Jalan Merawan 7 tepatnya di RT 27 3 kelurahan Sawah Lebar, Dinas PUPR didampingi BPBD lakukan kegiatan patroli rutin URC di masa musim penghujan dan hasil survei yang telah dilakukan akan segera ditindaklanjuti.

Ketua URC Dinas PUPR Eddy Suryanto menyampaikan gerak cepat yang diambil URC di musim penghujan guna mencari solusi agar tidak terjadi banjir maupun genangan air diwilayah kota Bengkulu.

“Hasil survei kita kondisi saluran ilir drainase sudah dipenuhi sedimen lumpur dan penyempitan lahan mengakibatkan drainase terlalu kecil untuk menampung jumlah debit air,” ujar Eddy.

Dan solusi agar bisa mengurangi potensi akan terjadi banjir di wilayah tersebut butuh dilakukan Normalisasi Drainase.

“Solusi dari bidang SDA perlu dilakukan pengangkatan sedimen agar saluran drainase lancar serta di bangun drainase yang lebih besar, tapi karena itu tanah milik warga, warga perlu izin dengan pemilik lahan terlebih dahulu, agar dinas PUPR bisa bangun drainase baru yang bisa menampung debit air yang cukup ketika hujan deras turun.” Ucap Eddi Suryanto.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Plt Kadis PUPR Noprisman ST bahwa, hasil survei dari tim URC dan Bidang SDA akan segera ditindaklanjuti dengan penanganan jangka pendek dan menengah.

“Penanganan jangka pendek akan segera dilaksanakan sesegera mungkin, dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bengkulu agar bisa mewujudkan kota Bengkulu Bahagia dan Religius” Jelas Noprisman.