HD Bahagia, Rumah Baru Pasca Kebakaran Sudah Bisa Ditempati

50

DPUPR Kota Bengkulu – Pasca mengalami kebakaran rumah tidak butuh waktu yang lama, berkat bantuan Pemkot melalui Dinas PUPR serta kerjasama dengan masyarakat, 1 unit rumah layak huni sudah selesai dibangun untuk ditempati oleh Umar Hasan, warga Kelurahan Sumber Jaya.

Sebelumnya Umar mendapat musibah, rumahnya habis terbakar. Beruntung, ia bersama keluarga masih diselamatkan Allah. Berkat Kepedulian Pemkot Bengkulu rumah yang rata dengan tanah akibat musibah itu langsung dapat bantuan dari Pemkot Bengkulu melalui program HD Bahagia sehingga rumahnya dibangun kembali.

Dalam waktu 1X24 jam, rumah Umar selesai dibangun Tim URC Dinas PUPR. Rabu (19/8/2020) Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan wawali Dedy Wahyudi meresmikan sekaligus menyerahkan kunci rumah tersebut kepada Umar. Helmi juga didampingi oleh Kadis Perkim, Plt Kadis PUPR dan Camat kampung Melayu.

“Alhamdulillah, hari ini kita memberikan secara resmi rumah kepada salah satu warga di Kota Bengkulu yang rumahnya terbakar habis. Beberapa hari lalu, dikomandani PUPR, Perkim, Himpera, Camat, Lurah, RT, semua masyarakat gotong royong bersama. Ini non APBDD tapi murni gotong royong bersama. Ada dari BazNas, Dinas PUPR dan dari masyarakat. Alhamdulillah 1×24 jam selesai,” ujar Helmi.

Dikatakan Helmi, program HD Bahagia ini dilaunching 17 Agustus. “Kita akan mulai program HD Bahagia sehingga 100 persen rumah di Kota Bengkulu betul-betul layak huni. Dan itu dianggarkan di APBD, Insya Allah, mohon doanya,” kata Helmi.

Bertolak dari Kelurahan Sumber Jaya, Helmi dan Dedy didampingi Kadis PUPR, Camat Selebar, Ketua UPZ A Gunawan dan Kadis Perkim menuju ke lokasi rumah milik Jonsi Hamzah di Kelurahan Pagar Dewa. Jonsi juga salah satu warga yang rumahnya kebakaran.

Saat ini pembangunan ulang rumah milik Jonsi baru dimulai dan Walikota Bengkulu bersama Wawali Dedy Wahyudi melakukan peletakan batu pertama. Helmi dan Dedy juga ikut memasang batu bata.

Sejak pasca kebakaran di rumah Jonsi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bengkulu mengerahkan 30 Anggota Unit Reaksi Cepat (URC) untuk melakukan pembersihan pasca kebakaran dan mulai melakukan pemetaan agar segera bisa dibangun kembali.

Pewarta : Rahmads

Pengarah : Lander RJ