Rapat Kordinasi Ekspos Kegiatan Antara Inspektorat dan DPUPR

81

DPUPR Kota Bengkulu – Dinas PUPR Kota Bengkulu Selasa (20/10/2020) mengadakan rapat koordinasi bersama Inspektorat Kota Bengkulu di ruang rapat kadis, rapat membahas probity audit beberapa paket pembangunan kota Bengkulu.

Probity audit sendiri diartikan sebagai penilaian (independen) untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang/jasa telah dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan prinsip penegakan integristas, kebenaran, dan kejujuran dan memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Cheta Damayanti Plt Irban 4 Inspektorat mengatakan Pelaksanaan probity audit di dinas PUPR diharapkan dapat sepenuhnya diterapkan, sehingga Dinas PUPR dapat menjalankan tugasnya tanpa dibayang-bayangi resiko penyimpangan pada proses pengadaan barang/jasa yang dikhawatirkan dapat memicu terjadinya tindak penyelewengan.

“Sebelumnya dari 7 paket yang diusulkan hanya 4 paket yang kita Probity Audit yakni 2 paket Cipta Karya dan 2 paket Bina Marga, Kita berharap nanti setiap pengerjaan bisa berjalan sesuai aturan, jadi kami inspektor secara real time akan memantau pengerjaan pembangunan, tahap demi tahap kita ikuti, kalau ada ditengah proses pengerjaan ada yang tidak sesuai dengan aturan kita mengingatkan dan harapan kita bisa segera diperbaiki” jelas Cheta Damayanti.

Konsep probity yang diterapkan dalam pengadaan barang/jasa dapat diartikan sebagai prinsip-prinsip penegakan integritas, kebenaran, kejujuran untuk memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku.

Lebih lanjut Eka Reno Irban 4 auditor madya menambahkan Probity Audit dalam pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan secara independen untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang atau jasa telah dilakukan secara konsisten berdasarkan prinsip-prinsip penegakan integritas, kebenaran, serta kejujuran untuk memenuhi keentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Probity audit juga dapat diartikan sebagai audit yang dilakukan secara real time oleh auditor independen pada keseluruhan proses penyediaan barang/jasa yang dimulai sejak tahap perencanaan, persiapan, pemilihan, pelaksanaan kontrak, penyerahan, penatausahaan, dan pemanfaatan barang dan jasa untuk menilai integritas, kebenaran, serta kejujuran yang meyakinkan publik bahwa penyediaan barang dan jasa tersebut telah dilakukan secara efisien, efektif, transparan, adil, bersaig, serta terbebas dari konfik kepentingan sehingga terhindar dari potensi tindakpidana korupsi.” Jelasnya.

Menurut penjelasan yang terdapat pada Pasal 4 (4) Undang-Undang No.15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, kita tahu bahwa probity audit merupakan audit yang dilakukan untuk tujuan tertentu.

Tujuan dari audit ini adalah untuk menilai ketaatan terhadap Ketentuan Pengadaan Barang/Jasa, berupa audit yang dijalankan dengan pendekatan probity untuk memastikan bahwa seluruh ketentuan dan peraturan telah diikuti dengan benar, jujur, serta berintegrasi sehingga dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam penyediaan barang/jasa.

Selain itu, tujuan dari probity audit ini adalah untuk meyakinkan proses pengadaan barang dan jasa telah sesuai ketentuan yang mengatur di dalamnya, memastikan proses pengadaan barang dan jasa dapat melindungi pihak-pihak yang berkepentingan, memastikan penawaran yang masuk dinilai berdasarkan kriteria yang sama, menjaga kepercayaan publik, serta meyakinkan keputusan yang dibuat bebas dari tuntan hukum, serta menciptakan akuntabilitas penyediaan barang dan jasa.

Sementara itu Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST melalui Kabid Cipta Karya mengatakan menyambut baik tim Inspektorat yang akan menjadi mitra guna memastikan kinerja berjalan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita merespon baik dan sangat senang, karena ini salah satu proses pengingat kita agar melakukan kegiatan sesuai aturan, dengan kondisi PPTK di Dinas PUPR yang sangat padat dengan kegiatan, dari adanya Probity Audit kita mendapatkan energi dan semangat bekerja sesuai dengan aturan.” Tutup Kabid Cipta Karya Maas Sabirin Taher ST.

Pewarta : Rahmad S
Pengarah : Lander RJ