Gerak Cepat Atasi Banjir, Dinas PUPR Normalisasi Drainase

123

DPUPR Kota Bengkulu – kita memasuki Siklus musim penghujan yang bisa menyebabkan kebanjiran, pihak DPUPR Kota Bengkulu membangun drainase atau (siring). Pembangunan drainase tersebut tidak lain usulan dari masyarakat setempat yang mengeluhkan apabila hujan mulai turun rawan terjadi banjir.

Berawal dari informasi warga yang diteruskan kepada wakil walikota mengenai banjir dikelurahan Nusa indah pada Sabtu (5/9/2020), dinas PUPR Kota Bengkulu bergerak cepat mencari solusi dan ditemukan sumber masalah yakni adanya aliran Siring/Darinase dialihkan dan ditambah adanya sidementasi tanah serta sampah, DPUPR langsung mengajak masyarakat RT/lurah dan camat untuk berebuk mencari solusi, akhirnya ada kesempatan warga untuk membuat siring/drainase agar aliran air kembali lancar.

Dinas PUPR setelah ada kesepakatan bersama langsung menurunkan 1 Unit alat berat Exsavator dan Tim URC untuk merehab drainase dan memperlancar aliran air. mulai Sabtu sampai drainase selesai diperkirakan 2- 3 hari kedepan, drainase yang akan dibangun tersebut panjangnya 85 meter, lebar 80-120 cm di Kelurahan Nusa Indah kecamatan Ratu Agung.

Tampak excavator mengeruk material yang berada di tanah dan membuka saluran air di tanah warga dan disaksikan oleh Plt Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST.,M.Si dan Kabin Jakon Feryzon ST. Camat Ratu Agun beserta warga.

Drainase darurat ini dibangun untuk mengaliri air dari dataran tinggi agar tidak menggenangi pemukiman warga yang berada di dataran rendah. Diharapkan dengan adanya drainase ini, air dari perbukitan bisa tersalur ke drainase dan dialirkan masuk ke dalam tanah

“Harapan Kita, drainase ini bisa dipergunakan sesuai peruntukannya. Ketika musim hujan tiba, drainase yang dibangun telah selesai sehingga masalah banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut bisa teratasi,” kata Plt Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST.

Pewarta: Rahmads

Pengarah : Lander RJ