Monitoring Pembangun Irigasi Tersier Persawahan dengan Program P3-TGAI

87

DPUPR Kota Bengkulu – Kegiatan pertanian tidak terlepas dari air sehingga pengairan sawah melalui irigasi, merupakan salah satu komponen pendukung keberhasilan pertanian.

Dinas PUPR Kota Bengkulu melalui Bidang Sumber Daya Air lakukan monitoring proses pembangun irigasi tersier baru untuk persawahan bagi kelompok tani di kelurahan Bentungan kota Bengkulu,

Plt Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST., M.Si melalui Kabid SDA Yosef Feri Yorizal ST mengatakan pembangunan irigasi tersier dipersawahan kelurahan betungan tersebut, merupakan program kementerian PU pusat melalui Balai Wilayah Sungai VII dengan gunakan program P3 TGAI
maksud dan pelaksanaannya
yaitu untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam
kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan
peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian.

“P3-TGAI merupakan kegiatan yang
bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi pertanian guna kesejahteraan petani untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, dengan memberdayakan kelompok tani di wilayah tersebut, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan.” Jelas Kabid SDA, Yosef Feri Yorizal.

Lebih lanjut Kabid SDA menambahkan Irigasi tersier yang dibangun kelompok tani air lagan dikelurahan betungan ini, total pembangunan panjang irigasi sekitar 230 meter yang dibagi menjadi 2 titik, irigasi ini nanti akan mengairi persawahan seluas 16 hektar milik warga.

“Hasil monitoring kita progres pembangunan irigasi berjalan sesuai harapan, dimana dalam proses pembangunan irigasi melibatkan 18 tukang, sebagian besar merupakan anggota kelompok tani air lagan, bahkan 3 diataranya merupakan ibu-ibu petani yang telaten membantu pembangunan irigasi tersebut.”Paparnya.

Sementara itu dalam pelaksanaannya, kegiatan P3-TGAI didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) yang juga ketua kelompok tani air lagan yakni Ibnu Mulkan, ia mengatakan program ini sangat baik dimana dalam pembangunan memberdayakan petani langsung yang tau kondisi wilayah dan pasti lebih serius dalam proses pembangunan karena irigasi ini untuk persawahan milik kami sendiri.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Balai Wilayah Sungai VII dan dinas PUPR Kota Bengkulu yang telah memperhatikan kami para petani, dan besar harapan kami tahun depan bisa mendapatkan program P3 -TGAI, agar pembangunan persawahan kami lebih optimal lagi.” Ucap ibnu mengakhiri.

Pewarta : Rahmads

Pengarah : Lander RJ